Jumat, 10 April 2020

Celaan Bagi Orang Yang Tidak Bersholawat Untuk Nabi


Simak baik-baik Beberapa Hadits di bawah ini , mudah-mudahan menambah semangat dalam diri kita untuk tidak bosan-bosannya bershalawat. dan Insya Allah, dan bershalawat kelak kita akan mendapat syafaat dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. 

Dari Abu Hurairah -Radhiyallahu ‘Anhu-­ berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Celakalah seseorang yang jika namaku disebut di sisinya ia tidak bershalawat untukku, celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian keluar sebelum ia diampuni, celakalah seseorang, kedua orang tuanya telah tua tetapi keduanya tidak memasukkannya ke dalam surga.” 

Abdurrahman salah seorang perawi hadits dan Abdurrahman bin Ishak berkata: “Saya kira ia berkata: “Atau salah seorang di antara keduanya” [H.R. Tirmidzi dan Bazzar]

Dari Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
((البَخِيلُ كُلَّ البُخْلِ الَّذِي ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ))

“Orang yang paling bakhil adalah seseorang yang jika namaku disebut ia tidak bershalawat untukku.” [H.R. Nasa’i, Tirmidzi dan Thabaraniy].

Bayangkan bagi kita yang malas bershalawat kepada baginda Rasulullah Saw, tergolong orang yang sangat bakhil.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah Saw bersabda:
((مَنْ نَسِيَ الصَّلاَةَ عَلَيَّ خُطِئَ طَرِيقَ الجَنَّةَ))

“Barangsiapa yang lupa mengucapkan shalawat untukku maka ia telah menyalahi jalan surga.” 

Dari Abu Hurairah, Abul Qasim bersabda: “Suatu kaum yang duduk pada suatu majelis lalu mereka bubar sebelum dzikir kepada Allah dan bershalawat untuk nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Allah akan menimpakan kebatilan atas mereka, bila Ia menghendaki maka mereka akan disiksa dan bila Ia menghendaki maka mereka akan diampuni.”  [H.R. Tirmidzi dan mentahsinnya serta Abu Daud]

Diriwayatkan oleh Abu Isa Tirmidzi dari sebagian ulama berkata: “Jika seseorang bershalawat untuk nabi sollallohu ‘alaihi wa sallam sekali dalam suatu majelis, maka itu sudah memadai dalam majelis  tersebut.”

Dari Beberapa hadits di atas, dapat kita ambil pelajaran, sangat-sangat beruntung bagi mereka yang suka bershalawat dan membiasakan dirinya untuk setiap hari bershalawat baik secara sendiri maupun berjamaah (ramai-ramai). dan sangatlah rugi atau celaka bagi mereka yang tidak mau bershalawat, apalagi membenci/melarang orang yang bershalawat. Na'udzubillah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar