Minggu, 18 Juli 2021

Pentingnya Adab Menuntut Ilmu



Adab merupakan salah satu hal yang sangat diutamakan dalam menuntut ilmu. Tidak sedikit dari kita menyepelekan hal ini. Yang penting belajar, fokus belajar, tanpa peduli beradab tau tidak. Padahal para ulama mengatakan ; 

ما فاز من فاز الا بالادب وما سقط من سقط الا بسوء الاداب

"Tidak berhasil orang yang tel berhasil kecuali dengan adanya adab, dan tidak gagal orang yang gagal kecuali karena buruk adabnya." 

Salah satu adab yang harus kita tanamkan dalam jiwa kita semua sebagai seorang penuntut ilmu adalah keadaban. Baik adab kepada sumber ilmu. Sumber ilmu itu adalah guru dan juga kitab/buku ilmu. Salah satu keistimewaan para santri dayah tradisional adalah adanya doktrin yang kuat untuk menghormati kedua sumber ilmu. Dan ini perlu kita tiru dan terapkan juga di sekolah formal. 

Namun, harus kita akui, adab kita semakin hari semakin pudar di kikis perkembangan zaman. Jika dibandingkan dengan para pelajar dari beberapa lembaga selain dayah, penghormatan santri terhadap kitab masih lebih besar. Realita berbicara! 

Penghormatan terhadap guru, kawan pelajar, dan buku/kitab, sangat diharapkan karena akan mendapatkan keberkahan dari ilmu yang kita dapat, dan akan kita amalkan kelak. 

Kita semua menyadari bahwa kualitas keilmuan kita semakin hari semakin rendah. Salah satu faktor penyebab ini, selain dari minat belajar yang semakin rendah, adalah kurangnya penghormatan guru, dan kitab. Bila kita membaca sejarah para ulama terdahulu tentang penghormatan mereka kepada ilmu, maka kita akan merasa takjub dan akan kita dapati betapa jauhnya akhlaq kita dari akhlaq mereka. Bisa saya katakan, ibarat langit dan bumi. Percaya atau tidak!

Masih banyak adab yang lain saat belajar, seperti tidak berbicara saat guru menjelaskan pelajaran, tid mengganggu kawan belajar, dan lain sebagainya. Semoga dengan menjaga adab akan menambah barakah bagi ilmu kita, terlebih lagi untuk zaman ini, minat belajar kita rendah sehingga ilmu hanya sedikit yang bisa kita dapatkan. Semoga sedikit ilmu yang kita dapatkan tersebut penuh dengan barakah sehingga betul-betul bermanfaat untuk akhirat kita.

Harapan kita tentunya, mudah mudahan dengan adanya perhormatan atau adab kita dalam belajar, Allah berkenan membukakan pintu ilmu bagi kita, sehingga memudahkan kita dalam belajar, cepat memahami ilmu dan setiap ilmu yang kita dapati menetap dalam hati kita.

 Renungkan, semoga tulisan ini bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar